Liburan Tambah Asyik  Dengan Itinerary Perjalanan

Itinerary perjalanan

Siapa disini yang suka membuat itinerary perjalanan? Membuat itinerary itu banyak manfaatnya lho.  Buat kamu yang belum pernah membuatnya mungkin saat ini adalah waktu yang bagus untuk mulai mencoba.

Itinerary sejatinya berisi daftar rencana kegiatan yang akan kita lakukan saat melakukan travelling. Itinerary bisa disusun sesuai keperluan. Semakin detail jadwal kegiatan maka akan semakin baik.

Itinerary perjalanan bisa dibuat dengan cara yang paling sederhana yaitu menuliskan agenda secara umum. Misalnya jika bepergian dalam 3 hari maka itinerary sederhana bisa dibuat sebagai berikut :

Itinerary sederhana

 

Mengapa harus dibuat itinerary?

Budget yang terukur

Saat kita mempunyai rencana liburan maka yang harus pertama kita cek adalah kesiapan dana yang dimiliki. Jika kita mempunyai keinginan untuk berlibur setiap akhir tahun, maka alangkah baiknya mempunyai tabungan khusus untuk berlibur. Kita bisa menyisihkan berapa persen dari pendapatan untuk dialokasikan di tabungan liburan.

menghitung budget perjalanan

Jika dibuat itinerary perjalanan maka pasti akan menyesuaikan dengan badget yang tersedia. Banyak fakta berbicara di lapangan jika selesai berlibur maka selesai pulalah isi dompet. Naah dengan membuat itinerary maka tujuan destinasi akan disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Dengan begitu no boncos boncos club setelah pulang liburan.

Tujuan yang jelas dan sesuai keinginan

Pernah gak kita dilanda kebingungan saat sudah tiba di kota tujuan perjalanan karena belum mempunyai tujuan sama sekali. Sehingga akhirnya tempat wisata dan kuliner yang dikunjungi adalah yang terlintas di pikiran saat itu saja. Semuanya benar-benar di luar perencanaan.

Dengan membuat itinerary perjalanan, maka tempat-tempat destinasi tujuan sudah kita rencanakan sebelum keberangkatan. Sehingga saat berangkat kita tinggal fokus dalam perjalanan tanpa pusing menentukan tempat tujuan lagi.

Tujuan perjalanan

Dalam memilih tempat kunjungan bisa memanfaatkan info-info di media sosial karena biasanya tempat wisata mempunyai akun di media sosial. Di akun media sosial biasanya menyajikan info lengkap mengenai fasilitas, harga dan akses menuju kesana. Intinya sebelum kita membuat itinerary harus melakukan riset terlebih dahulu. Menggali informasi dari banyak sumber.

Jika akan berkunjung lebih dari satu tujuan akan lebih baik memilih tempat-tempat yang searah dan berdekatan tempatnya. Atau minimal searah saja biar memudahkan mobilitas perjalanan.

Waktu yang pas dan tepat

Membuat itinerary perjalanan berarti kita juga memilih waktu yang tepat untuk memulai petualangan penuh gembira. Rencana perjalanan dibuat dengan menyesuaikan jadwal libur anggota keluarga. Lain halnya jika tidak dilengkapi itinerary maka bisa jadi berangkat di sela-sela kesibukan dan itu sangat tidak mengasyikkan.

Saat membuat itinerary, maka kita bisa memilih waktu-waktu liburan yang agak panjang. Waktu pas buat liburan biasanya pada saat akhir tahun, liburan sekolah dan libur hari raya seperti lebaran. Momen-momen itu bisa dipilih untuk digunakan sebagai waktu liburan.

Memilih penginapan dalam itinerary perjalanan

Satu hal yang penting dibuat perencanaan adalah memilih penginapan. Mengapa harus memilih dengan teliti urusan penginapan ini? Karena urusannya dengan budget dan akses ke destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Hal pertama yang harus ditentukan adalah jenis penginapannya apakah hotel, vila atau apartemen atau kemping di alam terbuka. Kedua adalah budget yang tersedia. Kemudian ketiga adalah lokasi yang akan dipilih.

Namun meskipun begitu, tetap kenyamanan hendaknya menjadi pertimbangan juga. Sehingga kita  mendapatkan tempat menginap yang benar-benar pas.

Menentukan jenis transportasi

Mengapa urusan transportasi ini harus direncanakan? Karena hal ini terkait dengan kenyamanan di perjalanan. Ada beberapa pilihan jenis transportasi yang bisa digunakan diantaranya mobil, motor, kereta api, kapal laut atau pesawat terbang.

Banyak alasan yang mendasari seseorang memilih jenis transportasi. Diantaranya terkait budget, waktu luang dan kenyamanan. Sehingga belum tentu jarak yang jauh lantas memilih pesawat terbang jika lebih nyaman menggunakan kereta api. Atau mungkin bisa jadi meskipun bisa ditempuh dengan pesawat terbang akan tetapi merasa lebih menikmati perjalanan darat dengan menggunakan mobil.

Untuk destinasi yang jaraknya jauh pilihannya ada 2 yaitu pesawat terbang atau kapal laut. Namun disini kita harus mempertimbangkan juga lama waktu libur. Jika salah memilih jenis transportasi bisa-bisa waktu liburan habis untuk perjalanan saja.

Membuat jadwal rencana perjalanan

Jika semua hal sudah dipersiapkan dengan baik tibalah saatnya membuat jadwal perjalanan. Membuat jadwal dengan rinci disertai jam dan waktu perjalanan akan sangat membantu urusan jalan-jalan ini.

Dalam jadwal rencana perjalanan ini juga disertakan detail kegiatan. Rundown perjalanan akan sangat membantu juga dalam hal packing barang yang harus disiapkan selama perjalanan. Sehingga kita tidak kelebihan membawa tas atau koper yang tentu saja akan sangat merepotkan selama perjalanan.

Bagaimana banyak kan manfaat kita membuat itinerary ?

Semangat yaa membuat itinerary perjalanan agar liburan tambah asyik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like