Serunya Berkunjung ke Dapur Kreasi Sasa

Dapur kreasi sasa

Salah satu hobi yang disukai oleh banyak wanita adalah memasak. Yap..betul sekali…selain masak tentu saja jalan-jalan alias traveling. Naah dalam rangka memenuhi hobi tersebut saya dan teman-teman memutuskan untuk berkunjung ke studio dapur  kreasi sasa.  Disana kami merasakan serunya berkunjung ke dapur kreasi sasa. Studio dapur kreasi sasa ini terletak di Jalan S. Parman Slipi Palmerah Jakarta Barat. Tepatnya berada di lingkungan kantor pabrik PT Sasa Inti.

PT Sasa Inti adalah Perusahaan makanan dan bumbu terkenal di Indonesia. PT Sasa Inti dengan produk yang melegenda yaitu MSG yang diproduksi tahun 1968 saat ini telah merambah ke berbagai jenis produk lainnya seperti tepung bumbu, santan, bumbu instant, kaldu, sambal tradisional dan saus dan bumbu-bumbu lainnya. Produk sasa dengan mota “Sasa Melezatkan” terus berusaha untuk menciptakan makanan lezat, sehat dan berkualitas.

Berangkat pagi dari Sukabumi jam 7.00 saya dan teman-teman tiba di kantor Sasa pukul 8.00. Perjalanan yang cepat karena lewat jalan tol Bocimi yang tersambung terus ke tol jagorawi dan tol dalam kota Jakarta. Sabelum memasuki ruang studio masak, kita duduk di ruangan tempat istirahat. Ruangannya bagus dan sangat estetik. Kami pun betah menunggu disana.

 

Akhirnya tepat jam 9 kami masuk ke aula dan ada acara pengenalan terlebih dahulu. Perkenalan dengan cheff yang akan menemani dan memandu acara masak bersama sasa yang akan kami ikuti. Chef sasa menjelaskan profil perusahaan dan menayangkan video profilnya. Akhirnya tirai pun dibuka dan nampaklah dapur studio kreasi sasa yang ciamik dan cantik. Kami pun siap memasaaak.

Praktik memasak di dapur kreasi sasa

Di dapur sasa kami diberi kesempatan untuk memasak sendiri di dapur kreasi sasa. Setelah sebelumnya diberi penjelasan dan contoh cara memasaknya. Seru juga ternyata mengikuti acara ini dari awal sampai akhir.

Pada kesempatan ini saya dan teman-teman belajar memasak empat jenis resep yaitu mie celor, ayam Kentucky kriuk, baso goreng dan ayam rebus Hainan. Nasinya pun maknyos yaitu nasi Hainan. Kelima jenis masakan itu diajarkan langsung di dapur kreasi sasa.

memasak di dapur kreasi sasa

Kami dibagi dalam empat kelompok. Masing-masing kelompok membuat satu dari empat resep yang sudah dipraktikkan di awal oleh cheff sasa. Ternyata menyenangkan terjun langsung membuat resep masakan tersebut bersama teman-teman. Saya kebetulan kebagian membuat resep mie celor.

membuat mie celor

Setelah selesai memasak, menu yang sudah dibuat disajikan bersama dan kami pun makan bersama. Nasinya adalah nasi Hainan. Setelah menikmati makanan sebelum acara kunjungan ke dapur kreasi sasa ini diakhiri kami menerima marchendaise berupa satu tentengan berisi apron dan berbagai macam produk sasa seperti bumbu penyedap, santan sasa, tepung bumbu dan berbagai macam bumbu instan.

kunjungan ke dapur kreasi sasa

Buat yang penasaran bagaimana resep membuat menu masakan yang kami buat, berikut resepnya :

  1. Nasi Hainan

Nasi Hainan adalah resep pertama yang dibuat oleh cheff  sasa. Nasi dibuat khusus oleh cheff kami tinggal menikmati. Namun kami melihat langsung cara membuat nasi Hainan ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam Hainan adalah :

  • 1 kg beras
  • 500 g daging ayam, potong menjadi bagian kecil
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 ruas jahe, cincang halus
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt Sasa Kaldu Ayam
  • 5 gelas air

Memasaknya bisa menggunakan rice coocker ya sobat tepas semuanya. Berikut cara membuatnya :

  • Cuci beras lalu tiriskan hingga airnya turun.
  • Masukkan ke dalam rice cocker , tambahkan air dan klik tombol cook

Sementara itu, segera kita memasak bahan tambahan untuk dimasukkan ke dalam nasi di rice coocker. Cara bahan-bahan adalah :

  • Tumis bawang putih dan jahe dengan minyak wijen
  • Tambahkan daging ayam tumis hingga berubah warna
  • Tambahkan kecap asin dan kaldu ayam sasa diamkan selama 5 menit
  • Segera masukkan campuran ayam ke dalam rice cooker sesaat sebelum beras matang. Aduk rata dan masak hingga matang.

Dalam memasak Nasi Hainan ini agar rasanya lebih maknyos gunakan beras dengan kualitas premium dan biarkan rice coocker dalam kondisi tertutup hingga matang, dibuka saat memasukkan bahan tambahan ayam saja.

Memasak nasi hainan ayam dengan rice cooker tidak sulit, tetapi ada beberapa tips dan trik yang dapat membuat hidangan yang lebih enak dan lezat. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memasak nasi hainan ayam dengan rice cooker yaitu saat nasi sudah matang jangan langsung dibuka biarkan terlebih dahulu beberapa saat agar nasi matang sempurna. Sebagai pelengkap penyajian bisa ditaburi bawang goreng di atas nasi.

 

  1. Mie celor

Mie celor adalah makanan khas Palembang. Butuh waktu 45 menit untuk memasak resep ini mulai dari menyiapkan bahan hingga makanan matang dan siap disantap. Bahan-bahan yang disiapkan adalah :

  • Udang ukuran besar
  • 500 mil air
  • Santan sasa bubuk
  • 2 sdt kecap asin
  • 4 sdm minyak goreng
  • Garam, gula secukupnya

Bumbu halus yang dibutuhkan adalah :

  • 3 buah cabe merah
  • 1 sdm ebi kering, rendam air hangat
  • 6 BM, 3 BP
  • ½ sdt merica

Untuk bahan pelengkapnya adalah mie telur kering yang diseduh dengan air mendidih, tauge diseduh secukupnya, telur rebus buat tooping, sambal rawit rebus untuk sambal

Cara membuatnya :

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi, masukkan udang tumis hingga harum
  2. Masukkan air, sasa santan, keap asin dan gula pasir. Masak hingga matang
  3. Susun bahan pelengkap di dalam mangkok sayur lalu siram dengan kuah yang tadi sudah matang.

 

Hasil masakan di dapur kreasi sasa

  1. Ayam Kentucky kriuk

Resep ayam Kentucky kiruk ala sasa ini menggunakan tepung bumbu ala Kentucky dari sasa. Cara membuatnya sangat simple dan mudah serta cepat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah satu bungkus sasa tepung bumbu ala Kentucky, campuran tepung sasa dan air dingin ( perbandingan 1:2), sisa tepung sasa dan minyak goreng.

Cara membuatnya : Gulingkan ayam ke adonan kering, lanjut ke adonan basah dan kembali lagi ke adonan kering. Lanjut dengan menekan dan remas-remas lalu diketuk-ketuk. Selanjutnya goreng hingga matang.

 

  1. Baso goreng

Resep selanjutnya yang dibuat di dapur kreasi sasa adalah baso goreng. Cara membuatnya sama praktisnya dengan resep sebelumnya. Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

Sasa Tepung Bakso Goreng, ayam giling, minyak goreng 3 sdm , telur kocok, daging udang dihaluskan, 3 sdm air, cabe merah, bawang merah dihaluskan, sereh, air jeruk nipis, garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya sangat mudah yaitu campurkan semua bahan yang ada kemudian bentuk bulatan lalu digoreng hingga kuning kecoklatan.

  1. Ayam rebus Hainan

Resep terakhir yang dibuat di dapur kreasi sassa adalah ayam rebus Hainan. Untuk membuat ayam rebus Hainan ini bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam kampung (ukuran sesuai kebutuhan),  jahe secukupnya lalu kupas dan iris tipis, 3 batang daun bawang, potong-potong, Garam secukupnya.

Cara membuatnya pertama tama rebus ayam dalam air mendidih. Tambahkan irisan jahe dan daun bawang ke dalam air rebusan. Masak ayam sampai matang. Angkat ayam dan rendam di air es agar lebih kenyal.

Acara kunjungan ini ditutup dengan kegiatan makan bersama. Ternyata seseru itu main ke dapur kreasi sasa.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like