Packing Oke Traveling Asyik

Packing okeTraveling asyik

Saat melakukan perjalanan ada satu urusan yang cukup menyita waktu dan perhatian. Apa coba? Yaaa…betul sekali jawabannya adalah packing barang yang akan dibawa. Urusan packing ini bagi yang belum paham caranya memang merepotkan. Gimana ya biar packing oke traveling asyik? Itu Impian kita semua deh.

Seringkali kita dibuat bingung dalam menentukan jenis baju yang dibawa, barang penting teman traveling dan cara menata barang dalam tas koper kita. Dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam melakukan packing saat akan bepergian yaa..semoga bermanfaat sobat tepas baca.

Jenis Baju yang dibawa

Bahan baju yang tidak usah disetrika

Membawa baju dengan bahan yang tidak mudah kusut adalah salah satu cara saran yang baik. Gamis dengan bahan jersey adalah salah satunya. Itulah mengapa saya mempunyai beberapa potong gamis dengan bahan jersey sebagai pilihan baju yang dibawa saat melakukan traveling. Baju berbahan denim dan flannel bisa jadi pilihan karena tidak mudah kusut juga.

Hijab anti kusut

Untuk kain kerudung atau hijab ada beberapa jenis bahan  anti kusut yang bisa dipilih diantaranya adalah chiffon. Chiffon bahannya terbuat dari kain anti sintetis dan kapas serta bahannya jatuh sehingga nyaman digunakan.

Selain chiffon juga bisa memilih bahan voal yang terbuat dari 100% bahan katun. Sehingga bersifat dingin dan menyerap keringat. Bahannya tidak menerawang dan ringan.

Bagian dari hijab yang tidak boleh lupa dibawa adalah ciput. Ciput adalah dalaman sebelum kita mengenakan hijab. Fungsi ciput sendiri adalah mencegah rambut keluar saat mengenakan hijab. Sehingga terlihat rapih dan nyaman karena rambut tertutup dengan baik.

Baju saat packing

Membawa baju atas bawah

Membawa baju atasan seperti kemeja, blouse, kaos atau tunik bisa menjadi salah satu pilihan. Pilih bahan baju yang nyaman digunakan. Bahan katun tipis dan dingin menyerap keringat bisa menjadi pilihan.

Membawa baju atasan saja bisa menghemat tempat saat melakukan packing karena beberapa baju atasan  bisa dipadupadankan dengan satu bawahan saja sehingga lebih sedikit bahan baju yang dibawa.

Begitu pula dengan baju bawahan. Membawa baju bawahan baik itu celana panjang atau rok bisa digunakan untuk satu atau dua hari. Rok atau celana panjang ini bisa digunakan untuk lebih dari satu atasan kemeja. Jadi misalnya satu rok atau celana panjang bisa buat dua kemeja. Pilihlah warna yang netral hingga bisa masuk ke semua baju seperti warna hitam, putih dan abu-abu.

Oh iya jangan lupa membawa baju tidur ya dan alat perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah dan sarung. Sedangkan handuk pastikan dahulu apakah tujuan tempat menginap kita nanti disediakan handuk. Jika disediakan maka bisa saja tidak menyertakan handuk dalam list barang yang akan dibawa.

Membawa baju dalam

Baju dalam atau underware adalah baju wajib yang harus dibawa juga lho.. Pilihlah bahan yang tipis dan menyerap keringat sehingga nyaman saat digunakan. Jika tidak mau repot maka underwear kertas ramah lingkungan untuk penggunaan sekali pakai bisa dijadikan pilihan.

 

Barang penting packing oke traveling seru

 

Kebutuhan khusus wanita

Bagi perempuan ada barang yang wajib dibawa yaitu pembalut jika sedang atau mendekati jadwal haid. Pantiliner pun penting dimasukkan dalam list barang yang harus dibawa.  Meskipun tidak sedang menstruasi para wanita harus tetap menjaga kenyamanan dan kebersihan area kewanitaan. Maka bagi para wanita sobat tepas baca semua sebaiknya memasukkan list pantiliner untuk packing oke traveling seru ini.

Pantiliner bisa menjaga daerah kewanitaan tetap bersih dan kering dan tentu saja memelihara kesehatan. Kita bisa mengganti pantiliner ini sehari dua kali pada saat mandi di pagi dan sore hari. Pantiliner juga bisa menjaga pakaian dalam agar senantiasa bersih.

barang penting saat traveling

 

Skincare dan toiletris kesayangan

Saat melakukan perjalanan agar tubuh kita senantiasa bersih dan nyaman kita perlu membawa skincare dan kebutuhan mandi yang biasa digunakan sehari-hari. Perawatan kulit tetap harus kita lakukan dimana pun berada agar kulit wajah senantiasa sehat dan bersih.

Beberapa skincare yang sebaiknya dibawa adalah moisturizer, serum, sunscreen, krim malam, cleanser,body lotion, lip balm dan lipstick. Jangan lupa juga untuk membawa parfume jenis de toilette yang sifatnya last longer dan deodorant yaaa…agar tubuhmu wangi dan segar selalu.

Begitu pun dengan toiletries yang berfungsi sebagai alat kebersihan pribadi seperti sabun mandi, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi. Mengapa kita harus membawa sendiri? Karena meskipun biasanya di tempat menginap sudah disediakan namun biasanya kita sudah mempunyai jenis dan produk tertentu yang sudah biasa digunakan. Apalagi jika mempunyai jenis kulit sensitif dan alergi maka perlu kita membawa sendiri agar tidak timbul masalah selama traveling.

P3K pribadi

P3K pribadi penting untuk dimasukkan dalam list packing oke traveling seru. Bisa saja masing—masing pribadi berbeda-beda barangnya. Saya pribadi biasanya membawa kayu putih, beberapa vitamin, minyak zaitun dan kopi herba. Bawalah masker satu atau dua pack kemasan hemat. Masker tersebut jika hendak digunakan oleskan minyak kayu putih terlebih dahulu agar memberikan efek segar saat bernafas.

 

Peniti dan bros

Buat para wanita yang mengenakan hijab maka peniti dan bros menjadi list dalam daftar barang bawaan packing. Peniti berfungsi agar hijab yang digunakan rapi dan tidak berubah posisi. Gunakan juga bros untuk mempercantik tampilan hijab. Sesuaikan warnanya dengan baju yang dibawa.

 

Cara menata barang dalam tas koper kita

Setelah memilih dan menyiapkan pakaian dan barang yang akan dibawa maka tiba saatnya di tahapan terakhir proses packing yaitu memasukkannya ke dalam koper. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses ini, diantaranya yaitu :

 

koper traveling

Melipat baju secara efektif

Ada beberapa cara packing baju ke dalam koper. Cara pertama adalah dengan menggulung baju. Jadi disusun setelah baju tersebut digulung sehingga lebih memudahkan untuk mengambilnya kembali saat dibutuhkan. Kedua membaginya dalam kelompok sesuai dengan jenis bajunya. Sebagai contoh atasan dengan atasan, bawahan dengan bawahan dan sebagainya.

Cara ketiga adalah melipat dengan menggunakan metode flip and fold yaitu melipat baju bagian bawah ke atas dan bagian atas ke bawah sehingga bentuknya memanjang. Cara melipat baju seperti ini dapat mengurangi kerutan.

Memilih vacuum bag juga merupakan cara efektif dalam memasukkan baju ke dalam koper. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya ruang tersedia di dalam koper karena baju akan dipress sedemikian rupa sehingga akan menjadi lebih tipis dengan kantong vacuum bag ini.

 

Menyimpan underwear dan skincare dalam tas kecil khusus

Underwear adalah baju dengan ukuran kecil sehingga harus disatukan dalam sebuah wadah kecil untuk memudahkan pencarian. Ada banyak jenis tas underwear yang dijual di pasaran. Kita bisa memilih yang sesuai dengan selera.

Begitu pula dengan skincare, sebaiknya disatukan dalam sebuah pounch. Dengan demikian akan terlihat lebih rapi dan tertata serta lebih mudah ditemukan saat akan digunakan.

 

Membawa plastik atau kantong kedap udara

Membawa kantong plastik khusus untuk menyimpan baju kotor sehingga meskipun disimpan dalam satu koper tidak akan tercampur dengan pakaian bersih.

 

Siapkan beberapa kotak kecil

Kotak kecil ini biasanya digunakan untuk menyimpan bros atau peniti dan barang-barang kecil lainnya.

Siap melakukan perjalanan dengan nyaman? Yuu lakukan tahapan packing dengan baik dan benar. Agar packing oke traveling seru bisa kita nikmati bersama.

0 Shares:
2 comments
  1. Makasih tipsnya sangatbermanfaat semogabisa melaksanakannya dengan baik dan eratur dan yag paling penting ada kesempatan untuk travelingnya itu bu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like