Planet Ban Bikin Motor Kinclong Luar Dalam

planet ban

Para pengguna sepeda motor tentu saja menginginkan kondisi motor terawat dan mesin yang bagus. Untuk mendapatkan kondisi motor yang sehat meskipun mungkin sudah berusia tidak muda lagi perlu mendapatkan servis berkala secara rutin. Oleh karena itu melakukan kunjungan ke bengkel seyogyanya menjadi ritual bulanan yang perlu dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Service rutin berkala bertujuan untuk melihat kondisi dan performa sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima. Semua ini dilakukan agar mendapatkan performa dan kenyamanan sepeda motor saat berkendara.

Pengalaman tidak menyenangkan pernah saya alami. Saat itu saya membawa motor untuk service ke sebuah bengkel kemudian diberikan data oleh mekaniknya perihal apa saja yang harus diganti. Saat itu kondisinya memang darurat dan motor harus segera bisa digunakan kembali sehingga saya pun menyetujui list perbaikan dari bengkel sesuai dengan harga yang tertera.

Belakangan hari, baru saya menyadari bahwa ternyata harganya di atas rata-rata bengkel yang lain. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa sebenarnya banyak onderdil yang masih bagus alias masih bisa digunakan namun mekanik mengatakan harus tetap diganti.

Itulah sebabnya saya berpendapat bahwa mencari bengkel motor terbaik cukup sulit dilakukan. Berdasarkan pengalaman saya ternyata ada saja oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan mencurangi maupun berbohong kepada pelanggan. Belum lagi mekanik di bengkel menaikkan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran demi mendapatkan untung besar.

Ya begitulah mungkin karena saya adalah emak-emak yang jarang tahu harga suku cadang motor sehingga enak saja menjadi sasaran empuk bagi oknum bengkel nakal.

Jika kondisi tersebut terjadi pada sobat tepas baca semua, kerugian yang dialami mungkin tidak sedikit. Apa lagi jika mengetahui harga sebenarnya, pasti kamu menyesal sudah berkunjung ke bengkel tersebut.

Akhirnya, agar pengalaman kurang menyenangkan tersebut tidak terulang lagi saya membiasakan diri untuk melakukan riset dan mencari informasi terlebih dahulu tentang bengkel yang akan dikunjungi untuk service motor. Ini dilakukan agar tidak salah lagi dalam memilih bengkel. Ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam memilih bengkel motor terbaik dan terjamin tidak mencurangi pelanggannya. Pastikan sobat tepas baca mengikutinya yaa.

Harga Jujur dan Transparan

Kejujuran adalah hal yang paling diutamakan saat memilih sebuah bengkel. Sebaiknya sebelum datang ke bengkel kita cari tahu info harga suku cadang motor yang kita miliki di website resmi atau pusat bengkel yang terpercaya. Meskipun mungkin hanya sedikit bengkel yang jujur dan transparan memberikan harga suku cadang yang sebenarnya. Namun dengan banyak bertanya kepada mekanik yang akan melakukan service motor, setidaknya kita bisa membandingkan harga yang diberikan mekanik dengan hasil riset yang kita lakukan sebelumnya. Jika terdapat perbedaan yang mencolok dan signifikan saran saya lebih baik mencari bengkel yang lain sebab bisa jadi bengkel tersebut memberikan harga yang tidak wajar.

Mekanik Profesional dan Handal

Tips kedua yang bisa dilakukan agar mendapatkan bengkel terbaik tempat service motor  adalah banyaklah bertanya. Dengan banyak menanyakan perihal kondisi motor kepada mekanik bengkel maka kita bisa mengukur sejauh mana kepahaman dan keilmuan yang dimiliki sang mekanik.

Mekanik yang menguasai seluk beluk ilmu perbengkelan dan segala hal tentang dunia otomotif khususnya motor maka dia akan memberikan jawaban yang lengkap, detail dan menyeluruh atas semua pertanyaan yang diajukan kepadanya. Sehingga membuat pelanggan percaya padanya jika dia adalah mekanik yang handal dan bisa dipercaya. Pelanggan pun puas atas pelayanan yang diberikan padanya.

Sebelum mendatangi bengkel, siapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Selain menyiapkan pertanyaan, pastikan juga untuk menyiapkan jawaban-jawabannya. Jawaban tersebut bisa didapatkan dari hasil riset yang sudah dilakukan. Selain itu hendaknya memahami pula apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi motor yang sedang bermasalah tersebut.

Apabila hasilnya cocok dengan jawaban hasil riset, maka bisa dipastikan mekanik bengkel tersebut memuaskan pemilik motor yang melakukan service. Sehingga pada akhirnya pelanggan akan kembali lagi ke bengkel tersebut untuk melakukan service berkala kembali dan bahkan jadi pelanggan tetap.

Peralatan Modern

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya akan berkunjung kembali. Kalimat ini rasanya pas disematkan pada bengkel yang memukau pelanggan karena kelengkapan peralatan bengkel yang dimiliki. Perlengkapan bengkel yang lengkap dan modern akan berkorelasi dengan layanan service yang baik. Dengan alat-alat yang lengkap maka keluhan-keluhan motor pelanggan bisa diatasi dengan baik.

Bengkel yang minim peralatan kemungkinan besar tidak bisa memperbaiki motor dengan paripurna karena peralatan yang tidak lengkap. Dengan demikian bengkel dengan peralatan modern tentu dapat memberi jaminan jika service sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif. Bengkel dengan peralatan modern dan lengkap otomatis berkolerasi dengan kualitas pengerjaan service yang dilakukan.  Sehingga memberikan rasa aman kepada pelanggan saat akan dilakukan perbaikan.

Sebagai contoh jika sobat tepas baca ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (Alat, melepas dan memasang ban) di bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban yang tidak sesuai standar pabrik.

Alat congkel ban yang tidak sesuai standar, bisa membuat velg menjadi cacat sehingga bukannya ban motor menjadi lebih baik yang ada malah kebalikannya yaitu menyebabkan kondisi ban akan selalu bocor setelah di pasang.

Dengan peralatan lengkap dan modern akan memberikan kenyamanan pada mekanik dalam bekerja sebab seluruh komponen sepeda motor akan selalu berada dalam kondisi aman tanpa rusak ataupun tergores.

Bengkel ban terpercaya
Sumber foto : gridoto.com

Kelengkapan Suku Cadang

Tolak ukur selanjutnya yang bisa dijadikan pegangan dalam memilih bengkel sepeda motor adalah kelengkapan suku cadang. Kelengkapan suku cadang sangat penting dalam menunjang kinerja bengkel dalam memberikan layanan yang lengkap dan menyeluruh.

Kelengkapan suku cadang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan sebab suku cadang yang lengkap itu artinya tidak usah lagi mencari bengkel yang lain sebab semua yang dibutuhkan sudah tersedia di bengkel tersebut.

Jaminan Garansi

Layanan garansi adalah salah satu indikator layanan prima kepada pelanggan. Dengan adanya layanan garansi dapat memberikan ketenangan kepada pelanggan atas apapun yang terjadi pasca service sepeda motor. Layanan garansi bisa dalam hal suku cadang atau bisa juga dalam hal layanan. Jika sebuah bengkel sudah memberikan garansi pasca service hal itu menandakan bahwa bengkel tersebut termasuk ke dalam kategori bengkel terpercaya.

Layanan garansi secara tidak langsung memberikan jaminan kepada pelanggan atas jasa service yang sudah pihak bengkel. Dengan layanan garansi, pelanggan bengkel bisa datang kembali ke bengkel jika ternyata pasca service ada keluhan dan masalah pada sepeda motornya atau bahkan jika ada kerusakan suku cadang walaupun masa perbaikan belum genap tujuh hari.

Jam Operasional Panjang

Jam operasional yang panjang bahkan buka hingga malam merupakan kelebihan sebuah layanan. Sangat tidak mudah mendapatkan bengkel dengan jam operasional hingga malam hari. Biasanya bengkel itu buka paling lama hingga jam lima sore. Sementara permasalahan pada sepeda motor bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi. Bengkel dengan jam buka yang panjang akan menjadi dewa penolong bagi pekerja kantoran. Mereka baru leluasa pergi ke bengkel saat jam pulang kantor, sehingga jika ada bengkel yang buka sampai malam hari benar-benar merupakan sebuah anugerah yang  luar biasa.

Jam operasional bengkel yang panjang, benar-benar memberi kemudahan saat sepeda motor mengalami masalah mendadak di malam hari dan menjadi penyelamat bagi pekerja kantoran karena bisa pergi ke bengkel setelah jam kerja usai.

Berbagai Metode Pembayaran

Saat sekarang dimana zaman serba digitalisasi rasanya sudah waktunya tempat usaha menyesuaikan dengan sistem digitalisasi perbankan. Makin beragamnya alat pembayaran harus disikapi positif oleh para pemilik usaha sebagai bagian dari strategi layanan prima. Begitu juga dengan bengkel sepeda motor, sebagai sebuah usaha hendaknya menerapkan berbagai metode pembayaran.

Selain uang cash, saat ini ada banyak pilihan cara pembayaran. Sebut saja ada debit kartu ATM, qris, transfer rekening atau e wallet seperti OVO, Gopay, Dana, Shopee pay dan yang lainnya. Sistem pembayaran beragam ini perlu diterapkan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kerap terjadi saat pelanggan akan melakukan pembayaran. Sehingga dengan berbagai jenis pembayaran yang ada maka permasalahan tersebut bisa diatasi.

Dengan makin beragamnya jenis pembayaran orang biasanya tidak pernah membawa uang cash dalam jumlah banyak. Selain itu juga dengan tidak membawa uang cash dalam jumlah banyak lebih memberikan rasa aman dan nyaman. Pelanggan tidak perlu merasa khawatir atau takut uang cashnya hilang.  Dengan demikian sudah saatnya layanan pembayaran di bengkel sepeda motor menggunakan pembayaran non tunai. Memang sih, belum banyak bengkel yang memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran non tunai ini.

Namun, meskipun demikian bengkel-bengkel sepeda motor modern dan masuk dalam kategori bengkel besar umumnya sudah memiliki layanan pembayaran non tunai ini. Sehingga memudahkan kamu dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai. Kamu bisa merasa lebih nyaman saat ke bengkel.

Memperbaiki Motor Di Planet Ban

Tips di atas rasanya banyak dan berat sekali yaa. Saya pada awalnya ragu apa iya bisa menemukan bengkel sepeda motor sesuai dengan tips-tips di atas. Rasanya, tidak semua bengkel yang ditemui bisa sesuai dengan tips-tips di atas. Namun, ternyata hal itu saya temukan di Planet Ban, tidak sengaja saat pulang kerja saya menemukan sebuah bengkel dengan tulisan bengkel Planet Ban dan membaca taglinenya yaitu tulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”.

Slogan planet ban

Dalam pikiran saya langsung bergumam, “Wah kayaknya bengkel Planet Ban ini mesti dicoba deh.” Akhrinya saat weekend saya mencoba untuk melakukan service berkala di Planet Ban tersebut. Kebetulan sekali saat itu sepeda motor saya memang sudah waktunya untuk service berkala. Saya pun akhirnya service sepeda motor sambil sedikit bertanya tentang slogan bengkel Planet Ban tersebut.

Dengan sigap sang mekanik menjelaskan bahwa slogan Servis Motor Rasa Mesin Baru adalah konsep yang diusung untuk layanan service Planet Ban. Konsep tersebut merupakan konsep yang berbeda dari servis motor pada umumnya.

Ada yang berbeda dalam proses service di Planet Ban dibandingkan dengan bengkel lain pada umumnya. Planet Ban pada saat proses service, mekaniknya tidak menghisap bensin dari tangka motor melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan tidak dikenakan biaya tambahan lagi sebab sudah termasuk dalam harga jasa service dan layanan.

Adapun beberapa bagian yang di servis, terdiri dari:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Oh iya, Planet Ban sekarang lebih lengkap lho sebab tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban adalah  pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia dengan pernyediaan suku cadang berkualitas dan lengkap. Dilihat dari beragamnya kelengkapan service mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang semua sudah tersedia lengkap di Planet Ban.

Untuk masalah harga sangat transparan sebab bisa di cek langsung di website resmi planet ban , planetban.com. Sehingga harga seragam di seluruh bengkel Planet Ban. Pelanggan juga bisa melihat langsung barang-barang kelengkapan service di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Planet ban

Planet Ban adalah bengkel sepeda motor  pilihan terbaik jika ingin  mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Lengkap sekali bukan? Jadi jangan ragu mulai sekarang jika ada permasalahan dengan sepeda motor atau hendak service berkala sebaiknya ke Planet Ban aja sebab seluruh kebutuhan sepeda motor ada disana.

Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai benefit lain  dari layanan primanya  yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya

Gak bakalan  rugi deh kalo semua kebutuhan motor sobat tepas baca serahkan ke Planet Ban aja. Yuk datangi dan lakukan service di  Planet Ban terdekat.

Kamu juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban. Caranya mudah lho klik aja banner di bawah ini yaa….

planet ban promo

0 Shares:
46 comments
    1. Mungkin ada baiknya kalau setiap pengguna sepeda motor tahu walaupun sedikit tentang sparepart motor dan harganya dan juga proses servis atau perawatan sepeda motor. Karena diluar sana memang banyak bengkel-bengkel yang memanfaatkan ketidaktahuan kita untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar

  1. Memang nyebelin kalo ketemu mekanik bengkel yang ngang-ngong atau suka ngetok harga mahal. Untungnya kalo Planet Ban mah nggak begitu. Pantes banget jadi andalan.

  2. Sebelum diperbaiki mintalah kira-kira hitungan biayanya. Biasanya bengkel yang baik akan memberitahukan kerusakan dan alat apa yang diganti. Terus kisaran harganya, minta ori atau tidak. Kebetulan kakak saya bengkel, jadi mengetahui pelayanan ke konsumen bagaimana. Karena setiap konsumen mempunyai kondisi keuangan yang berbeda-beda.

  3. Hampir seperti impian yang terkabul, ya, Mba. Tip di atas penting banget, nih terutama buat kaum hawa yang butuh pertimbangan ekstra sebelum memutuskan sesuatu nih.

  4. Planet Ban ini memahami customer ya, bengkelnya mudah dijangkau karena banyak cabangnya dan terletak di daerah strategi, media pembayarannya variatif, pelayanannya oke pula

  5. Aku adalah orang yang awak banget dengan otomotif. Bisa dibilang Enggak begitu paham sama sekali soal bengkel dan mekanismenya. Tapi, baca ini jadi mulai aware kalau menjaga kesehatan kendaraan itu penting, apalagi memilih bengkel untuk memulihkan kendaraan kita, ya.

  6. Aku juga kalo beli oli matic ke Planet Ban sih hehe. soalnya enaak motor jadi lebih awet dan olinya tahan sampe 5-6 bulan, padahal biasanya 3 bulan udah ganti

  7. Aku juga biasanya begitu sih, karena nggak begitu paham dunia onderdil motor. Kalau ke bengkel di bilang Mekanik, harus ganti ya ngikut aja. Karena ku pikir emang harus diganti ya, tapi kadang nggak semua bengkel jujur sih. Aku juga banyak baca testi temen2 kalau di service di Planet Ban bagus dan harganya bersahabat. Tapi aku belum nyobain sih

  8. Pernah ganti oli daan service motor di Planet Ban. Lumayan puas dengan pelayanannya. Mekaniknya juga memang profesional sih, udah gitu ada jaminan oli nya original. Kita kan jadi nyaman ya kalau dapat barang ori namun harga reasonable

  9. Di kota tempatku tinggal belum ada planet ban, mba..

    Padahal kalau ada pasti rame banget. Beberapa hari lalu saya dan suami dapat kejadian kurang enak, lagi santai mengendarai motor eh ban malah bocor
    Semoga planet ban ada di kota kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like