Ikan Bakar Nila Kake : Kuliner Mantap di Cianjur

Ikan bakar nila kake

Saya sering melakukan perjalanan ke kota Bandung dari Sukabumi. Hampir setiap bulan saya pergi ke Bandung. Terkadang karena ada tugas dinas dari kantor atau pekerjaan saya. Namun seringnya sih menengok kedua anak saya yang kebetulan semuanya berkuliah disana. Tidak jarang di perjalanan saya diserang rasa lapar yang membuat perut menjadi keroncongan. Naah jika sudah begitu saya dan suami selalu mencari tempat makan yang enak namun tidak terlalu mahal. Soal tempat tidak harus bagus dan mewah yang penting rapi dan bersih. Naah berbicara tentang urusan memenuhi rasa lapar ini, banyak sekali ditemui rumah makan di sepanjang jalan antara Sukabumi- Bandung. Namun, ada satu tempat makan favorit yang selalu menjadi tempat saya menuntaskan rasa lapar. Tempat makannya sangat sederhana terletak di pinggir jalan utama jalur Sukabumi-Bandung yaitu Jalan raya Ciranjang tepatnya di daerah Andir Ciranjang  Cianjur. Nama tempat makannya adalah ikan bakar nila kake. Ada beberapa keunikan dari Ikan Bakar kake ini. Yuu kita intip apa aja keunikannya,  Cekidot …

Ikan bakar nila kakek
Sumber : https://ikanbakarkake.business.site/
Sumber : Googlemaps
  1. Ikan bakar menu andalan

Namanya juga ikan bakar nila kake jadi so pasti menu andalan disini adalah ikan bakar. Ikannya pun spesial yaitu hanya  ikan nila bukan dari jenis ikan yang lain. Membakar ikannya pas sekali tingkat kematangannya sehingga membuat dagingnya empuk dan gurih. Ikan nila memang salah satu jenis ikan favorit saya karena tidak ada duri dalam dagingnya seperti ikan mas. Ikan nila juga merupakan ikan air tawar sehingga tidak begitu bau amis. Bagaimana menentukan harga ikan bakar disini ? Menentukan harganya adalah dengan menentukan berat ikannya dalam satuan kilo. Harga ikan nila per kilo disini adalah Rp.60.000 per kilo dan jika harga di go food lengkap dengan nasi , sambal dan lalapan dibanderol Rp.93.000. Masih termasuk harga kuliner  standar dengan kualitas yang terjamin bukan ?

makan enak
Ikan bakar nila menu andalan

Varian menu yang ada di ikan bakar nila kake ini hanya ikan bakar saja. Tidak ada menu yang lain. Memang benar-benar menu jagoan. Para penikmat kuliner di ikan bakar kake ini akan menikmati satu paket menu yaitu nasi, ikan nila bakar, sambal dengan 2 varian yaitu sambal jahe dan sambal kecap dan lalapan. Kerupuk tersedia jika kita mau menambahkan kerupuk untuk teman makan maka tinggal ambil saja. Kerupuk tersaji digantung di dinding warung makan. Ada juga buah-buahan yang tersaji di meja makan yaitu pisang dan jeruk. Kita bisa mengambilnya jika ingin makan buah setelah makan utama. Ada juga petai mentah, kita bisa mengambil petai dan minta dibakar dan disajikan Bersama ikan. Tapi jika lebih suka mentah bisa langsung dimakan bersama sambal dan lalapan lainnya.

  1. Nasi bebas ambil sepuasnya

Satu lagi kunci rumah makan jika ingin dikunjungi berkali-kali oleh pelanggannya adalah nasi yang enak dan pulen. Naah,,,nasi putih yang ada di rumah makan ikan bakar nila kake ini enak sekali teksturnya pulen dan wangi. Dijamin akan nambah dan nambah terus sampai kekenyangan hehehe. Tidak heran sih karena Cianjur itu dikenal sebagai daerah penghasil beras dengan kualitas terbaik. Makanya ada istilah beras cianjur karena memang Cianjur termasuk sentra penghasil beras. Nasi enak dan pulen berpadu dengan ikan nila bakar yang nikmat adalah perpaduan yang luar biasa.

  1. Air teh ambil sepuasnya

Makan tidak lengkap rasanya jika tidak tersedia minum panas. Rumah makan ikan nila bakar kakek menyediakan air minum berupa teh panas yang tersedia di meja belakang. Sejajaran dengan nasi dan gelas-gelas untuk minum serta kopi sachetan lengkap beserta gula putihnya. Gelas yang disediakan pun tidak pelit-pelit ukurannya yaitu gelas dengan ukuran besar dan kapasitas banyak. Air teh nya panas sekali pas banget diminum ketika kepedesan makan sambal ikan bakar. Duh enak banget pokoknya. Jika ingin teh manis ya tinggal tambahkan saja gula putih yang tersedia di meja.

Kuliner Cianjur
Air teh panas, nasi, kopi bebas ambil sendiri di meja ini. Sumber gambar : https://ikanbakarkake.business.site/
  1. Kopi seduh sendiri

Selain teh panas konsumen yang makan di ikan bakar nila kake juga bisa menyeduh kopi sendiri jika ingin minum kopi. Ada banyak varian kopi sachet yang disediakan disana. Kopi hitam maupun kopi instant yang bercampur krimer terserah pembeli mau menyeduh jenis kopi yang mana. Nikmat sekali minum kopi setelah makan ikan bakar yang lezat.

  1. Sambal jahe yang mantap joss

Sambal jahe adalah padanan yang pas untuk menu ikan bakar. Sambal jahe disini merupakan menu sambal andalan karena rasanya yang enak dan pedasnya mantap. Pemilik warung makan tidak pelit bumbu jahenya sangat terasa dan rawitnya pun pedas. Potongan tomat dalam sambalnya pun tidak main-main sangat banyak membuat siapapun yang makan pasti akan nambah sambal. Sambal jahe ini cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Dengan bahan-bahan seperti  bawang merah dan bawang putih  yang dibakar, rimpang jahe diparut atau diiris kemudian ditumbuk, cabai merah dan cabai rawet serta garam secukupnya sudah bisa membuat sambal jahe yang maknyooss…

Ikan bakar nila
Sambal jahe, sambal kecap, lalapan dan ikan bakar nila Sumber : koleksi pribadi
  1. Sambal kecap enaknya gak ketulungan

Selain sambal jahe menu sambal yang disajikan Bersama ikan nakar nila ini adalah sambal kecap. Sambal kecap ini dibuat dari kecap yang kental dicampur dengan irisan cabe rawit dan tomat. Sambal kecap disajikan dalam mangkok terpisah. Sambal kecap ini bisa diguyurkan ke atas ikan bakar atau daging ikan dicelupkan ke dalam sambal. Kalau saya lebih senang mengguyur ikan dengan sambal kecap ini dicampur dengan sambal jahe. Waah sudah deh kalau lagi begini terus ada orang menyapa saya gak akan terdengar saking khusyunya makan. Hehe..

  1. Lalapan yang melimpah

Lalapan adalah makanan khas orang sunda. Lalapan adalah sayuran mentah yang langsung dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Sayuran yang ada dalam lalapan ini adalah timun, kol dan kemangi ada juga selada air. Lalapan ini tentu saja dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi supaya tidak ada kotoran yang menempel dan jadi sumber kuman atau penyakit.

  1. Ikannya milih dari bak penampungan langsung dan dalam kondisi hidup

Salah satu yang khas dari ikan bakar nila kake ini adalah ikan yang dibakar diambil dari bak air langsung. Jadi di samping depan sebelum masuk ke dalam rumah makan ada bak ukuran sedang dan di dalamnya berisi ikan nila yang masih hidup. Pembeli yang akan makan boleh memilih langsung ikan yang akan dimakannya. Setelah memilih ikan maka selanjutnya ikan tersebut ditimbang untuk mengetahui beratnya berapa kilo atau berapa ons. Setelah ditimbang nanti akan menentukan harganya. Ikan lalu dibersihkan dan dibelah menjadi dua bagian. Setelah bersih dan diberi bumbu ikan nila dibakar sampai matang dan siap disajikan kepada pembeli yang sudah menunggu untuk makan ikan bakar yang sudah dipesannya. Jadi so pasti ikan yang ada disini semuanya segar yaa tidak ada ikan yang dalam kondisi beku atau disimpan di freezer karena semua langsung dibersihkan dan dibakar  saat itu juga.

Jadi jika nanti melewati daerah Ciranjang jangan lupa mampir yaa….

0 Shares:
7 comments
  1. Aaak…ikan dan sambel…mantap nikmat duniawi ini. Nila terkadang bau tanah, tapi yang di warung ini pasti sedap tanpa bau tanah ya kak? Oh ya penasaran banget, sambel jahe tu kek gimana rasanya.

  2. makan kesini pasti menjadi tempat jujugan yang bikin nagih ya mbak, aku kok melu ngiler dan ingin merasakan kenikmatannya. Penasaran sama sambl jahenya ,,,,duduudududu

  3. Pilih ikan langsung dari baknya, pasti seger banget langsung dibakar di tempat. Udah gitu bisa ngambil nasi dan air teh hangat sepuasnya, pasti seru banget kulineran di Ikan Bakar Nila Kake

  4. semuanya sangat menggugah selera ya mbak.. apalagi yang terakhir.. Ikannya bisa milih dari bak penampungan langsung dan dalam kondisi hidup.. pasti seger…. nikmat puolll…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like