Basic Skincare Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

skincare basic

Rasanya ribet ya kalau tiap mau bepergian melakukan perjalanan kita harus bawa skincare lengkap dengan jumlah yang banyak. Apalagi jika dalam setiap pemakaian kita  touch up  beberapa layer aduuh kebayang kan repotnya. Bisa-bisa lebih dari satu pounch skincare deh yang harus dibawa. Sebenarnya jika kita bepergian untuk waktu yang tidak lama misalnya antara dua sampai tiga hari kita tidak harus membawa semuanya tapi cukup basic skincare saja.

Basic skincare adalah rangkaian perawatan dasar dari serangkaian perawatan kulit yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Basic skincare yang wajib dibawa saat bepergian ini tidak banyak sehingga tidak terlalu memenuhi list barang packing kita. Berikut adalah rangkaian basic skincare yang wajib kita bawa saat bepergian. Sangat simple dan tidak banyak perintilan.

Pembersih Muka

Pembersih muka adalah basic skincare yang paling awal dari seluruh rangkaian skincare. Tanpa pembersih muka maka tahapan selanjutnya belum bisa kita lakukan ya guys. Kenapa? Iya dong harus jadi awalan dari seluruh tahapan basic skincare yang digunakan karena sebelum pemakaian lainnya harus dipastikan kulit kita telah bersih.

Akan menjadi unfaedah semua basic skincare yang kita gunakan jika kulit belum dibersihkan. Gak akan ngefek yang ada malah jadi penyebab bertambahnya kotoran, bibit jerawat serta komedo. Jadi jangan lupa bawa pembersih muka yaa.

sumber gambar: canva

Jenis pembersih muka juga banyak sekali jenisnya. Kita bisa memilih sesuai dengan selera dan jangan lupa menyesuaikan dengan jenis kulit kita yaa. Pembersih muka yang beredar di pasaran Indonesia ada yang berbentuk gel, busa, krim, micellar, balsam, pembersih minyak, wipes, all in one cleanser, clay dan pembersih muka untuk eksfoliasi.

Cara pemakaiannya sederhana saja simpan pembersih di bagian pipi, hidung, jidat dan dagu serta leher. Kemudian sapukan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar sambil berikan pijitan lembut. Selanjutnya bersihkan dengan menggunakan kapas. Jika pembersih mukanya berjenis foam atau busa maka bilas dengan air hangat untuk membersihkannya.

Oh iya jangan lupa bersihkan area bibir juga ya agar bekas lipstik ikut terangkat. Untuk membersihkan area bibir ini bisa menggunakan pembersih muka jenis krim, micellar,wipes atau balsam.

Kalau saya biasa menggunakan pembersih muka jenis krim dan busa. Pembersih muka jenis krim digunakan sesaat setelah pulang dari bepergian dan bangun tidur. Selanjutnya saat sedang mandi dicuci kembali dengan facial foam atau pembersih muka jenis busa. Jadi segar deh muka kita.

Penyegar

Penyegar atau toner adalah basic skincare selanjutnya yang kita gunakan setelah pembersih muka. Penyegar ini mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan PH wajah dan menyiapkan kulit menerima tahapan basic skincare selanjutnya. Sebaiknya gunakan penyegar yang bebas alkohol untuk mengantisipasi adanya iritasi.

Penyegar atau toner ini banyak manfaatnya buat kulit kita lho. Penyegar bisa melengkapkan pembersihan kulit yang sudah dilakukan oleh pembersih wajah, menyeimbangkan PH kulit wajah, menekan jumlah minyak, membantu mengecilkan pori-pori dan mempunyai fungsi melembabkan kulit.

Saya sendiri merasakannya setiap setelah menggunakan penyegar kulit kita tuh rasanya adem, tenang, relax dan nyaman. Oh iya, setelah menyapukan penyegar diamkan terlebih dahulu satu atau dua menit sebelum menggunakan basic skincare selanjutnya.

Pelembab

Pelembab atau biasa juga kita sebut sebagai moisturizer adalah tahapan basic skincare setelah penyegar. Saat kulit sudah dalam kondisi tenang, lembab dan bersih tibalah saatnya menyapukan moisturizer.

Sama halnya dengan pembersih muka, pelembab ini memiliki banyak jenisnya. Kita bisa memilih sesuai selera dan kondisi kulit kita tentunya. Ada pelembab berbahan dasar air, krim, gel, salep dan jenis model stik. Saya sendiri nyaman menggunakan pelembab model krim.

basic sunscreen
sumber gambar:pixabay

 

Cara menggunakannya sama dengan pemakaian pembersih muka jenis krim yaitu simpan satu colek pelembab sebesar biji kacang hijau di area pipi, hidung, jidat, dagu dan leher. Sapukan denngan rata ke seluruh wajah. Biarkan terlebih dahulu antara satu hingga dua menit sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya agar pelembab menyerap sempurna.

Tabir Surya

Tabir Surya adalah pennutup rangkaian basic skincare yang wajib dibawa saat bepergian. Seperti sudah saya bahas di artikel sebelumnya, sunscreen atau tabir surya ini penting banget untuk kita gunakan setiap hari. Sunscreen harus re apply  setiap empat jam sekali.

Kalau saya setiap habis wudu menjelang salat pasti akan mengulang pemakaian sunscreen ini. Sunscreen penting banget buat kita yang tinggal di daerah tropis karena paparan sinar matahari cukup lama dan indeks UV seringkali tinggi terutama di siang hari.

sumber gambar: pixabay

Ada tiga jenis tabir surya yang beredar di psaran yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen. Physical sunscreen atau biasa kita sebut dengan sunblock. Sunblok ini dia akan membuat lapisan di atas kulit untuk menghalangi sinar UV masuk kelapisan kulit dalam. Physical sunscreen aman digunakan untuk semua jenis kulit, namun bagi sebagian orang yang memiliki kulit gelap dia akan meninggalkan white cash serta agak lengket di kulit.

Chemical sunscreen ini dikenal di masyarakat luas sebagai sunscreen. Sunscreen ini berbeda cara kerjanya dengan sunblock. Jika sunblock membuat lapisan di atas kulit maka chemical sunscreen ini dia akan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas. Dengan demikian sinar UV tidak akan menembus ke bagian dalam kulit.

Sedangkan hybrid sunscreen adalah perpaduan antara  chemical sunscreen dan physical sunscreen. Sunscreen jenis ini mampu memberikan  perlindungan yang lebih luas dari sinar UVA dan UVB dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Sunscreen memiliki tingkat kandungan SPF yang beragam. Ada sunscreen dengan kandungan SPF 15, 30 dan ada juga sunscreen dengan kandungan SPF 50. Semakin tinggi nilai SPF semakin lebih melindungi kulit dari sinar matahari. Cara menggunakan sunscreen sama dengan penggunaan pelembab.

Naah, simple kaan basic skincare yang wajib dibawa selama bepergian ini. Cukup dengan empat tahapan kulit kita akan selalu bersih, terawatt dan sehat. Membawa basic skincare selama perjalanan juga tidak akan membuat ribet dan memenuhi koper atau tas kita karena hanya empat produk saja. Jangan malas merawat kulit wajah yaa agar senantiasa terlihat sehat dan awet muda.

Salam bahagia selalu.

0 Shares:
12 comments
  1. Jadi inget pas istri mau berangkat umroh, salah satu yang tak lupa dibawanya adalah basic skincare khusus umroh. Sempat ditanyakan, ko sampai bawa skincare segala, ternyata itu atas rekomendasi teman-teman yang sudah pernah umroh sebelumnya, katanya mengingat suhu di sana yang berbeda dengan kita, which is cenderung panas, sehingga ada beberapa kasus yang mengalami iritasi kulit, di situlah fungsinya basic skincare ini untuk menjaga kulit tetap sehat

  2. Makasih banyak tipnya, Mba. Saya banget ini yang kalau keluar kota kok hanya ingat masukin day cream. Ternyata ada rangkaian basic lain yang ketinggalan. Jadi pengingat banget nih, Mba.

  3. Tips yang sangat informatif buatku yang sukanya cuma bawa pembersih muka aja kalau pergi ke mana-mana, padahal ada rangkaian lain yang harus dibawa juga.

  4. tas emak-emak biasanya skincare wajib tidak boleh ketinggalan. Apalagi lipen dan sabun wajah, wajib ya mbak. E tapi, yang disebutkan, aku cuma bawa 1 atau dua paling banter

  5. Oh iya ya, pas banget ini mau mudik. Aku juga kepikiran masa mesti bawa semua seperangkat skinker wkwk. Alhamdulillah baca artikel ini mbak. Aku jadi tahu apa aja yang harus dibawa, nggak mesti semuanya.

  6. Bener banget ini, wajib ada sih penyegar, pelembab, ama sunscreen, gapake bedak gapapaa kalo aku sih wkwkwk. saking pentingnya

  7. 4 macam skincare ini sudah cukup ya mbak menemani selama perjalanan, jadi enggak usah bawa semuanya, meskipun travelling kesehatan kulit juga harus dijaga kan ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like