Prague Orloj, Jam Bersejarah di Dunia

Prague orloj

Prague Orloj adalah jam astronomi abad pertengahan yang terpasang di dinding Selatan Balai Kota Tua di Praha ibukota Republik Ceko. Tepatnya di sisi Menara Gothic di Gedung Old Town Hall di Jalan Staromestske Nameski Praha. Prague orloj ini letaknya dekat dengan Charles Bridge.

 

Jam astronomi praha

Jam ini pertama kali dipasang tahun 1410 sehingga dinobatkan sebagai jam tertua ketiga di dunia dan menjadi jam tertua yang masih beroperasi hingga saat ini. Jam ini dibuat oleh Mikulas dan Jan Sidel. Mereka berdua adalah seorang ahli astronomi.

Pada bulan Agustus 2023 yang lalu saya berkesempatan mengunjungi Prague Orloj. Tidak lupa saya menunggu  saat-saat kedua jendela paling atas terbuka dan melihat patung para rosul berjalan di depan jendela.

Tiga Bagian Utama Prague Orloj

Patung orang suci

Patung orang suci atau sosok-sosok rosul agama nasrani merupakan salah satu keunikan Prague Orloj.Para pengunjung kerap berkumpul  untuk melihat sesuatu yang unik yaitu  tepat di atas jam ada dua jendela yang akan terbuka. Dari kedua jendela itu akan terlihat patung sosok-sosok rosul yang berjalan diiringi lonceng. Jendela ini akan terbuka setiap jam.

Jendela tersebut terbuka dan kita melihat sosok-sosok rosul dalam agama nasrani tersebut selama 27 detik yang menawan. Sosok rosul tersebut berjumlah 12 rosul yang terdiri dari Santo Paulus dan 11 rosul Yesus tanpa Yudas yang berkhianat. Momen ini selalu ditunggu oleh seluruh pengunjung yang mendatangi Prague Orloj.

Jam astronomi

Jam astronomi  bisa memberikan informasi tentang empat jenis waktu, zodiak, fase bulan dan pergerakan langit. Selain itu jam astronomi ini mempunyai kalender kerja yang bisa memberikan informasi hari raya keagamaan.

Pada bagian Tengah jam terdapat gambar planet bumi atau bola yang melambangkan bumi. Ada beberapa angka yang berbeda penggunaannya. Angka paling luar itu adalah pemberitahuan waktu Ceko lama. Angka terluar itu berupa angka 1 hingga 24 dan angka 24 adalah menunjukkan waktu matahari terbenam.

Selanjutnya ada angka romawi emas yang memberi tahu informasi waktu ter update. Jam yang tertera adalah jam pada saat itu. Di bawah angka romawi ada angka tulisan hitam kecil yang melambangkan waktu babilonia

Lingkaran bagian dalam melambangkan symbol zodiak. Ada tiga buah jarum pada jam astronomi yaitu jarum tangan dan matahari yang bergerak berlawanan arah jarum jam. Kemudian ada jarum bergambar bulan dan jarum jam yang menunjukkan waktu saat ini.

Prague Orloj
Sumber gambar https://www.facebook.com/groups/564687921245231/permalink/1041313526915999/?mibextid=Nif5oz

Jam astronomi ini diapit oleh masing-masing dua patung di kedua sisinya. Sisi kiri terdapat patung orang membawa kaca dan orang yahudi membawa kantong emas. Masing-masing melambangkan kesombongan dan keserakahan.

Sementara di sisi kanan ada patung tengkorak pelambang kematian dan patung orang membawa alat musik. Keempat patung ini bergerak setiap jam bersamaan dengan 12 patung rosul orang suci yang bergerak dan terlihat dari dua jendela yang terbuka di atas jam astronomi.

Pada bagian kiri di latar biru ada tulisan ORTVS artinya timur dalam Bahasa latin. Di bagian bawahnya pada latar warna merah ada tulisan AVRORA yang berarti fajar. Sementara di bagian sisi kanannya bagian atas terdapat tulisan OCCAS artinya barat dan bagian bawahnya ada tulisan CPEPVSCVLVM yang artinya senja.

Jam Kalender

jam kalender
sumber gambar https://www.facebook.com/groups/564687921245231/permalink/1041313526915999/?mibextid=Nif5oz

Di bagian bawah jam astronomi terdapat sebuah lingkaran menyerupai bulatan jam. Di dalam bulatan tersebut berisi kalender bulan dan musim serta bersimbol 12 zodiak. Komponen paling terakhir ini ditambahkan pada tahun 1870.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like